Pasar Pagi Ringin Agung

        Pasar tradisional biasanya identik dengan barang kebutuhan sehari-hari dan sembako, tetapi tidak dengan Pasar yang satu ini. Di Pasar ini menjual hasil kerajinan tangan dari anyaman bambu. Pasar ini terletak di jalan Karya Dharma Magetan yang merupakan kawasan perkantoran Pemda Magetan. 

Seorang ibu rumah tangga menyetor hasil anyamannya kepada pedagang


        Pasar ini tidak setiap hari buka seperti pasar tradisional lainnya. Hanya buka hari-hari tertentu menurut penanggalan jawa (sepasaran, dalam sepasar ada lima hari yang terdiri dari pon, kliwon, wage, legi, paing). 


Seorang ibu rumah tangga menyetor hasil anyamannya kepada pedagang
        Para ibu rumah tangga yang mengisi waktu luang dirumah dengan membuat anyaman menggantungkan penjualan usahanya dari pasar ini. 


Bapak-bapak kuli angkut yang menyiapkan anyaman untuk segera di muat
         Kebanyakan anyaman yang dijual disini tidak berbentuk barang jadi, melainkan barang setengah jadi. Yang masih memerlukan finishing lagi. Ada juga yang menjual bahan baku untuk anyaman yaitu bambu khusus untuk anyaman.

Ibu Pedagang sibuk menghitung barang dagangannya
         Aktifitas di Pasar ini tidak sampai siang hari, biasanya buka dari pukul 05.00 pagi sampe pukul 08.00 pagi. 


Transaksi antara pengrajin anyaman dengan pedagang
        Barang-barang anyaman dari pasar ini tidak hanya dijual di wilayah magetan. Biasanya para pedagang menjual lagi barang anyaman tersebut ke luar kota, bahkan sampai ke luar pulau.

Comments

Post a Comment